Caladium atau keladi adalah jenis tanaman hias yang sedang naik daun di kalangan pencinta tanaman hias. Sayangnya, tanaman ini tidak dapat tumbuh maksimal jika ditanam dalam pot. Nah, untuk menjadikannya lebih rimbun maka diperlukan beberapa trik khusus. Berikuttrik agar tanaman keladi tumbuh rimbun dan cantik.

Keindahan tanaman keladi terletak pada daunnya yang memiliki corak dan perpaduan warna yang cantik. Batangnya memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga ketika kekurangan air maka tanaman ini akan mudah layu.

Walaupun memiliki bentuk dan corak daun yang indah, namun keindahan tanaman ini tidak bisa dinikmati sepanjang waktu. Ada saat dimana umbi keladi akan mengalami tidur atau dorman yang menyebabkan tanaman ini tidak bisa tumbuh lebat dan rimbun.

Tapi jangan khawatir, karena beberapa trik berikut ini dapat menjadikan tanaman keladi makin rimbun dan cantik:

1. Cara alami melakukan perbanyakan tunas baru adalah dengan memotong pucuk yang pertama muncul. Pemotongan pucuk dalam jarak setengah ruas jari dapat merangsang tumbuhnya tunas-tunas baru yang lebih banyak sehingga daun akan tumbuh lebat dan rimbun.

2. Membuang daun-daun yang sudah tua dengan cara dicabut atau dipotong untuk merangsang keluarnya tunas baru.

3. Memotong umbi yang sudah tua. Cara ini dapat memperbanyak tumbuhnya tunas-tunas baru sehingga tanaman keladi akan lebih lebat dengan daun yang rimbun dan cantik.

4. Akar dan batang tanaman disiram dengan hormon atau zat perangsang tumbuh seperti auksin, sitokinin, dan giberelin dengan dosis 10 ml hormon tanpa diencerkan dan disiram setiap hari selama 10 hari.

5. Menanam beberapa umbi keladi dalam satu pot.

Itulah beberapa trik agar tanaman keladi tumbuh rimbun dan cantik.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here