Aglaonema merupakan jenis tanaman hias yang cukup populer. Daya tariknya terletak pada daunnya yang unik dengan kombinasi warna menarik terdiri dari warna merah, putih, merah muda, dan kuning. Perbanyakan tanaman ini pun cukup mudah dilakukan. Nah, berikut tips memperbanyak tanaman aglaonema di rumah.

 

Memperbanyak tanaman hias aglaonema dapat dilakukan dengan cara vegetatif, yaitu perbanyakan tanaman melalui stek batang, pemisahan tunas anakan, maupun dengan pencangkokan. Cara ini banyak dilakukan penghobi aglaonema karena lebih mudah dilakukan dan tidak membutuhkan teknik khusus.

Memisahkan anakan sebaiknya dilakukan sambil mengganti medi tanam yang digunakan tanaman induk. Cara ini dapat memberikan dua keuntungan sekaligus, yaitu memanen anakan juga memperbaiki kualitas media tanam pada tanaman indukan. Dengan demikian, tanaman induk akan lebih subur dan bisa menghasilkan anakan baru lagi.

Berikut cara memperbanyak tanaman aglaonema dengan memisahkan anakan:

  1. Pilih tanaman aglaonema yang sudah memiliki rumpun anakan, atau pot sudah penuh dengan tanaman.
  2. Cabut tanaman dengan hati-hati, bila perlu goyangkan pot untuk memisahkan bagian akar dengan tanah. Angkat perlahan tanaman sampai semua akar keluar dari pot.
  3. Cuci bersih bagian akar untuk memudahkan proses pemisahan anakannya.
  4. Pilih anakan yang minimal sudah memiliki 2 daun, pisahkan anakan dengan cara memotong akar dan usahakan agar akar-akar yang lain tidak rusak atau putus.
  5. Rendam potongan tanaman anakan dan indukan di larutan fungsida yang bertujuan agar akar tidak mudah terserang jamur yang bisa menyebabkan akar cepat busuk.
  6. Siapkan pot baru dengan ukuran yang sesuai, lalu siapkan juga media tanam yang terdiri dari campuran sekam bakar, pakis, pasir, dan pupuk organik. Bisa juga menggunakan media tanam siap pakai yang banyak dijual di toko tanaman hias.
  7. Tanam anakan pada pot dengan media tanam yang sudah disiapkan. Tanam juga tanaman induk dengan media tanam yang baru.
  8. Lakukan penyiraman sampai basah merata. Untuk mencegah stres pada tanaman, air yang digunakan untuk menyiram bisa ditambahkan dengan 8 tetes vitamin B1 untuk 3 liter air.
  9. Simpan tanaman di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Demikian tips dan cara memperbanyak tanaman hias aglaonema di rumah.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here