Memiliki daun yang rimbun rupanya mampu mencuri perhatian banyak pecinta tanaman hias. Apalagi bentuk daun yang menyerupai hati berwarna hijau beludru dan tulang daun yang menyala menjadikan Philodendron gloriosum terlihat sederhana namun sangat memukau. Tapi jangan terlalu terpukau dengan keindahannya, karena bisa saja Anda tertipu. Untuk itu, tips membeli tanaman hias Philodendron gloriosum berikut ini bisa menjadi panduan sebelum berburu jenis tanaman ini.

Perawatan tanaman philodendron tidak sulit, cukup ditempatkan di tempat teduh namun cukup mendapatkan sinar matahari. Selain itu, tanaman ini juga tidka menyukai air terlalu banyak sehingga penyiraman bisa dilakukan setiap 3-5 hari sekali.

Media tanam yang digunakan sebaiknya yang porous agar tanaman ini bisa hidup sehat dan rimbun. Media tanam biasanya menggunakan campuran sekam mentah, pupuk kandang, dan sedikit unsur tanah. Pemupukan bisa menggunakan NPK daun yang diberikan setiap 3 bulan sekali.

Bagi pemula yang tertarik membeli tanaman hias jenis Philodendron gloriosum untuk dirawat di rumah, ada baiknya mengetahui tips berikut ini agar tidak salah beli dan tanaman tetap sehat dan segar.

Tips membeli philodendron gloriosum

  • Pilih tanaman yang sudah memiliki daun banyak, misalnya lebih dari 2 daun. Hal ini untuk berjaga-jaga agar sewaktu tumbuh daun baru, masih ada beberapa daun lama yang tersisa. Karena biasanya tumbuhnya daun baru akan disusul dengan matinya daun tua.
  • Periksa apakah tanaman yang akan dibeli sudah memiliki perakaran yang cukup baik dengan cara mengangkat batang tanaman. Jika polybag ikut terangkat tanpa tanaman tercabut dari media tanam itu artinya akar sudah tumbuh banyak. Sedangkan jika batang mudah tercabut dari media tanamnya, itu berarti tanaman baru dipotong dari batang induknya dan belum berakar.
    Tanyakan pada penjual apakah tanaman sudah termasuk rawatan lama atau baru dimasukkan ke dalam polybag.
  • Jangan lupa juga tanya waktu penyiraman dan pupuk yang biasa digunakan agar tanaman tetap tumbuh sehat dan rimbun.

Itulah tips membeli tanaman hias Philodendron gloriosum.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here