Anthurium adalah jenis tanaman hias yang banyak diminati masyarakat karena bentuk daunnya yang unik dan mewah. Salah satu yang sangat populer dan banyak dicari di masa pandemi ini adalah Anthurium jemani cobra. Bentuk dan penampilan daunnya yang unik menjadikan tanaman ini tampak unik dan mewah. Berikut tips & cara merawat Anthurium jemani cobra.

Anthurium jemani cobra memiliki ciri-ciri tangkai daun yang sangat pendek dengan bentuk daun yang melebar sejak pangkal daunnya. Selain itu, keunikan lain dari tanaman ini adalah tepian daun yang bergelombang teratur serta pangkal daun yang membentuk lipatan dan ujung daun berbentuk lancip dan melengkung sehingga tampilannya seperti kepala ular cobra yang siap menerkam mangsanya.

Perawatan Anthurium Jemani Cobra

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan tanaman hias Anthurium jemani cobra agar tetap memiliki daun sehat, rimbun, dan segar yaitu:

Meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Meskipun begitu, tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan atau di dekat jendela.

Memperhatikan perkembangan tanaman Anthurium jemani cobra, karena tanaman ini akan terus berkembang bahkan bisa melebihi ukuran pot itu sendiri. Oleh karena itu, jika akar sudah terlihat muncul hingga keluar dari pot, maka segera pindahkan tanaman ini ke media pot yang berukuran lebih besar.

Menjaga tanaman tetap sehat dengan membuang bagian dari tanaman yang sudah rusak, misalnya terkena hama. Untuk mencegah dan membasmi hama yang menyerang tanaman

Anthurium jemani cobra bisa dilakukan penyemprotan menggunakan cairan pembasmi hama.Hama yang biasa menyerang Anthurium jemani cobra adalah kutu putih, ulat, jamur, bellang, cacing, dan keong. Selain itu, pemilik tanaman bisa membersihkan permukaan daun dengan lap yang sudah

pemilik tanaman dapat langsung membersihkan permukaan daun dengan lap yang sebelumnya telah diberikan larutan fungisida.

Lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga media tanam tetap lembab, tetapi hindari menyiram tanaman ini secara berlebihan karena dapat mengakibatkan media tanam basah dalam waktu yang lama sehingga menjadi penyebab munculnya penyakit busuk akar seperti yang umum dijumpai pada tanaman Aglaonema.

Pemberian pupuk bisa dilakukan satu bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK. Pupuk ini dapat mengatur pertumbuhan karena memiliki zat zpt giberelin (GA) dan zpt etilen.

Memperbanyak Anthurium Jemani Cobra

Untuk memperbanyak Anthurium jemani cobra bisa dilakukan dengan metode split atau memotong bonggol yang memiliki daun atau tunas. Potongan bonggol itu kemudian dimasukkan ke dalam pot yang sudah terdapat media tanam yang terdiri dari campuran tanah pasir, sekam bakar, cocopeat, dan pupuk kandang.

Itulah tips dan cara merawat Anthurium jemani cobra.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here