Bicara soal tanaman viral, maka Monstera Deliciosa bisa menjadi pilihan terbaik sebagai penghias ruangan. Tanaman merambat berdaun eksotis ini benar-benar bisa meramaikan suasana ruangan di rumah Anda.

Monstera deliciosa, tanaman viral penghias ruangan
Monstera deliciosa

Monstera adalah tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam ruangan untuk menambah kesegaran dan kesan yang lebih cantik. Semakin tingginya minat terhadap tanaman ini membuat harganya semakin mahal, tergantung jenis dan ukurannya. Dari beberapa jenis tanaman monstera, salah satu yang paling banyak peminatnya adalah Monstera deliciosa.

Di habitat aslinya, tanaman ini hidup dengan cara menumpang pada tanaman lain atau epifit. Monstera deliciosa dapat tumbuh menjalar berumpun pada batang pohon yang ditumpanginya hingga mencapai ketinggian delapan meter.

Seluruh bagian dari tanaman ini mulai dari akar, daun, getah, dan batangnya tidak bisa dimakan karena beracun. Bunganya akan menjadi buah yang dikenal dengan sebutan buah monster.

Tapi jangan coba-coba memakan buah ini ya, karena buah monstera memiliki kandungan asam oksalat yang sangat tinggi sehingga bisa mengiritasi tenggorokan orang yang mengkonsumsinya.

bunga monstera deliciosa
Bentuk bunga dan buah monstera deliciosa
Monstera deliciosa, tanaman viral penghias ruangan
Monstera fruit atau buah monstera

Perawatan Monstera deliciosa

Monstera deliciosa dapat dirawat dalam pot maupun ditanam langsung ke tanah. Dibutuhkan suhu dan kelembaban yang cukup untuk tanaman ini bisa tumbuh subur.

Sebaiknya jangan menyimpan tanaman ini di tempat yang langsung terkena sinar matahari karena dapat membuat daunnya mudah gosong dan rusak. Simpan monstera deliciosa di tempat yang teduh dan terang, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Siram tanaman ini setidaknya 2-3 hari sekali, sedangkan pemupukan dilakukan setiap sebulan sekali dengan pupuk NPK (10,10,10).

Membedakan deliciosa dan borsigniana 

Di pasaran banyak beredar tanaman Monstera borsigniana yang oleh pedagang nakal disebut sebagai Deliciosa. Kedua tanaman ini memilik kemiripan baik dari segi tampilan batang maupun bentuk daunnya. Tapi jika diamati dengan lebih seksama, akan terlihat perbedaan-perbedaan mencolok di antara keduanya.

Monstera deliciosa, tanaman viral penghias ruangan
Monstera borsigiana

Monstera borsigniana adalah varian dari Monstera deliciosa. Untuk membedakan keduanya bisa dilakukan dengan mengamati bagian batangnya. Jika terdapat gerigi atau tonjolan kecil pada tangkai daun atau batangnya, maka sudah bisa dipastikan tanaman ini berjenis deliciosa. Selain itu, ukuran Monstera borsigniana juga lebih kecil dan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dari deliciosa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here