Jika ingin memiliki suasana hutan di rumah, maka tanaman yang bernama monstera deliciosa ini bisa menjadi pilihan terbaik. Tanaman merambat berdaun eksotis ini benar-benar bisa meramaikan ruang keluarga Anda. 

Di hutan yang menjadi habitat aslinya, tanaman monstera deliciosa bisa merambat hingga ketinggian lebih dari delapan meter. Umumnya, tanaman ini akan menumpang di batang-batang pohon yang berukuran besar. 

Monstera deliciosa tanaman viral penghias ruangan


Monstera deliciosa ini masuk dalam kelompok Monsteroideae dari keluarga Araceae. Selain monstera deliciosa, tanaman lain yang juga masuk dalam kelompok ini adalah monstera adansonii yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman janda bolong, juga monstera obliqua, acuminata, dsb. 

Jenis tanaman ini tidak bisa dimakan karena beracun. Namun buah yang dihasilkannya yang disebut buah monster (monster fruit) “konon katanya” bisa dimakan saat matang. Tapi jangan coba-coba memakan buah yang masih mentah, karena buah monstera ini memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi sehingga dapat mengiritasi tenggorokan. 

Sesuai namanya, monstera deliciosa, tanaman ini akan memberikan banyak warna tropis di rumah. Daunnya yang rimbun membuat suasana halaman maupun ruangan jadi tampak teduh dan indah dipandang. Sehingga mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi orang yang berada di dekatnya. 

Ada banyak nama sebutan untuk jenis tanaman ini, mulai dari Monstera deliciosa, delicious monster, monstera plant, monster plant, monster fruit, monsterio delicio, monstereo, hurricane plant, fruit salad plant, fruit salad tree, Swiss cheese plant, cheese plant, Mexican breadfruit, Penglai banana, ceriman, windowleaf, balazo, split leaf philodendron, dan nama-nama lokal lainnya.

Habitat alami monstera deliciosa adalah di hutan hujan dan termasuk jenis epifit. Meski berakar di dalam tanah, namun tanaman ini memiliki akar-akar yang tumbuh di sepanjang batangnya. Akar ini disebut sebagai akar udara, yang berfungsi untuk mencengkeram kulit pohon untuk bisa naik ke atas. Melalui akar ini pula, tanaman ini menyerap nutrisi yang berasal dari batang pohon. 

Semua bagian dari tanaman ini dikenal beracun, baik pada bagian daun, batang, getah, dan akarnya. Saat tumbuh di habitat yang sesuai, monstera deliciosa akan berbunga yang kemudian akan jadi buah dikenal dengan sebutan tropical salad fruit atau monstera fruit. 

bunga monstera deliciosa


Di luar habitat aslinya, tanaman monstera deliciosa bisa dirawat dalam pot atau ditanam langsung ke tanah. Dibutuhkan suhu dan kelembaban yang sesuai (hangat) untuk membuatnya terus berkembang. Meskipun tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung, namun monstera deliciosa lebih baik disimpan di ruangan yang terang. Daun yang terus menerus terkena sinar matahari akan mudah gosong dan rusak. 

Penyiraman dilakukan setiap 2-3 hari sekali atau bisa mengamati permukaan tanah di dalam pot. Jika telrihat mulai kering dengan kedalaman 1 – 2 cm, maka penyiraman bisa dilakukan. Namun usahakan agar media tanam yang digunakan tidak basah atau becek, karena dapat membuat akar busuk dan berjamur. Pemupukan bisa dilakukan menggunakan NPK yang memiliki kandungan magnesium seimbang setiap satu minggu sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here