Headhunter adalah profesi konsultan mengenai rekrutmen atau pencarian kandidat dimana pada umumnya terkhusus untuk posisi pada level manajer sampai dengan direktur, kandidat yang dipilihpun sesuai dengan kualifikasi yang diminta oleh klien yang berasal dari perusahaan.

Jadi, headhunter jelas berbeda dengan HRD karena ia memberikan jasa konsultasi rekrutmen, tapi posisinya berada di luar struktur organisasi perusahaan. Sementara HRD adalah divisi atau departemen yang merupakan bagian dari perusahaan itu sendiri.
Sering timbul pertanyaan, kalau sudah ada HRD, kenapa pula perusahaan harus menggunakan jasa headhunter untuk melakukan rekrutmen? Bukankah proses rekrutmen dapat dilakukan sendiri oleh HRD?

Memang betul bahwa salah satu dari sekian banyak fungsi HRD adalah melaksanakan rekrutmen. Bahkan, dalam struktur divisi HRD di perusahaan besar ada pula sub-divisi rekrutmen, yang diisi oleh para recruiter atau profesional yang memiliki spesialisasi khusus dalam rekrutmen karyawan.

Akan tetapi, ada kalanya perusahaan juga memerlukan bantuan rekrutmen dari pihak luar. Hal ini bisa disebabkan oleh kesibukan HRD dengan fungsi kerja lainnya, atau bisa juga karena HRD sekadar butuh bantuan untuk menemukan profil kandidat yang sesuai dan selama ini belum teridentifikasi. Di sinilah headhunter memegang peran penting sebagai kepanjangan tangan perusahaan, khususnya untuk merekrut posisi-posisi di level senior yang kualifikasinya bisa jadi sangat spesifik.

Headhunter bekerja untuk dan atas nama perusahaan yang menjadi kliennya, maka apabila headhunter telah berhasil menemukan kandidat yang sesuai dan kemudian bergabung sebagai pegawai di perusahaan klien, kewajiban membayar biaya jasa headhunter ada pada perusahaan tersebut. Sementara kandidat tidak memiliki kewajiban untuk membayar biaya apapun kepada siapapun. Statusnya pun sebagai pegawai di perusahaan klien, bukan pegawai di pihak headhunter.

Kondisi ini tentunya berbeda dengan praktik outsourcing, di mana perusahaan outsourcing mempekerjakan para profesional untuk kemudian dialihdayakan untuk perusahaan-perusahaan kliennya. Di zaman modern sekarang juga terdapat banyak oknum yang mengatas namakan perusahaan headhunter akan tetapi merupakan perusahaan headhunter yang bona fide

Ciri headhunter bona fide

Kalau sampai ada perusahaan headhunter yang memungut biaya dari Anda, Anda patut mencurigai kredibilitas perusahaan tersebut. Karena regulasi layanan rekrutmen bagi korporasi di Indonesia belum paten (bahkan bisa dibilang nyaris tidak ada), perusahaan headhunter yang (maaf) abal-abal pun cukup menjamur di Indonesia. Pastikan Anda menggunakan jasa headhunter Indonesia yang lebih tepercaya.

Headhunter yang baik dapat menjadi pelatih atau penasihat karir Anda, dan bisa membantu Anda mengembangkan karir ke level berikutnya. Tidak salah sama sekali jika Anda ingin membangun relasi dengan para headhunter dari awal Anda mulai berkarir. Dengan menjalin hubungan baik dengan mereka, Anda bisa mendapatkan informasi terkini soal besaran gaji profesional di Indonesia.

Berikut langkah-langkah menilai apakah sebuah perusahaan headhunter baik atau tidak:

  1. Kenali nama dan sejarah perusahaannya. Jangan menerima tawaran jika perusahaan tersebut baru berdiri dan tidak jelas afiliasinya atau profil perusahaannya.
  2. Headhunter tidak akan meminta komisi dari kandidat. Jika headhunter meminta komisi dari Anda, jauhi saja. Logika berpikir dari poin ini adalah: jika ia mendapatkan komisi dari kandidat, bagaimana ia akan dengan obyektif memberikan assessment atau penilaian tentang kandidat?
  3. Uji pengetahuan headhunter yang menghubungi Anda. Headhunter yang baik harusnya menguasai industri yang menjadi pilihan karir Anda saat ini. Jika ia terdengar atau terlihat tidak memahami industri Anda, anggap saja dia bukan dari perusahaan yang bagus. Sebagai contoh, jika saat ini Anda sedang berkarir di bank, headhunter yang baik seharusnya mengerti dan paham soal industri perbankan di Indonesia.

Pastikan Anda memperhatikan ciri headhunter yang baik atau buruk, selain itu anda bisa mengunjungi Indonesia headhunter agar mendapatkan kandidat sesuai dengan kualifikasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here