Tanaman sirih gading sedang ramai diperbincangkan di dunia maya. Pasalnya, tanaman yang memiliki nama botani Epipremnun aureum ini sering disebut sebagai Monstera marmorata oleh oknum penjual tanaman yang nakal. Agar tidak salah pilih, simak perbedaan tanaman sirih gading dan monstera marmorata berikut ini.

Belakangan ini, tanaman monster sedang naik daun. Salah satu jenis yang banyak dicari adalah Monstera marmorata yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Dengan memanfaatkan momentum kepopuleran monster, harga yang ditawarkan untuk tanaman sirih gading bisa sangat tinggi.

Monstera marmorata dan sirih gading adalah dua jenis tanaman yang berbeda. Kemiripan keduanya membuat banyak orang awam akan kebingungan untuk membedakannya. Nah, agar salah pilih, ini perbedaan tanaman sirih gading dan monstera marmorata.

Tanaman Hias Sirih Gading

Jangan Salah pilih! Ini Bedanya Tanaman Sirih Gading dan Monstera Marmorata

Sirih gading adalah tanaman merambat semi-epifit yang banyak dicari untuk penghias ruangan maupun halaman. Tanaman dari suku talas-talasan (Araceae) ini mudah dikenali dari daunnya yang belang berwarna kuning cerah hingga kuning pucat.

Selain mudah dirawat, sirih gading dikenal sebagai tanaman yang tahan banting karena dapat ditanam dengan media tanah maupun air. Pertumbuhan sirih gading sangat cepat jika dibandingkan monstera marmorata. Dalam satu tahun, tanaman ini bisa mencapai panjang 20m dengan diameter batang 40cm.

Pertumbuhan sirih gading terdiri dari tiga fase, yaitu kecil, remaka, dan dewasa. Saat memasuki fase dewasa itulah, daun sirih gading akan membesar dan membelah

Pertumbuhan tanaman sirih gading terdiri dari tiga fase yaitu kecil, remaja, dan dewasa. Saat berada pada fase dewasa itulah, daun sirih gading akan semakin besar dan membentuk belahan-belahan pada bagian daunnya. Jika dilihat sekilas, bentk daunnya memiliki kemiripan dengan monstera marmorata.

Hal inilah yang membuat tanaman ini kerap dimanfaatkan oleh oknum penjual tanaman nakal yang menyamakan sirih gading berukuran jumbo ini dengan monstera marmorata demi mendulang rupiah.

Tapi jangan khawatir, Meski mirip tapi tanaman ini bisa dibedakan dari fase-fase pertumbuhannya. Saat fase pertumbuhan kecil, daun sirih gading akan memiliki bentuk seperti hati dengan warna campuran hijau dan kuning. Namun setelah memasuki fase dewasa, bentuk daunnya akan menjadi lebih lonjong.

Bukan itu saja, tanaman sirih gading juga memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik jika ditempatkan di dalam ruangan seperti menyerap racun berbahaya di udara, memberikan pasokan oksigen, membersihkan dan mengatur sirkulasi udara, juga dapat membantu menenangkan kondisi psikologis seseorang.

Tanaman sirih gading bisa ditanam dalam berbagai cara, mulai dari ditanam dalam pot gantung untuk membuat vertical garden, ditaruh dalam vas bunga yang berisi air, atau ditanam dalam pot indah dan diletakkan di sudut ruang keluarga.

Tanaman Hias Monstera Marmorata

Monstera marmorata
Monstera marmorata | Foto Kelley Mac Donald

Monstera marmorata merupakan jenis tanaman yang masih satu keluarga (Arecaceae) dengan sirih gading. Meskipun begitu, kedua tanaman ini berasal dari genus yang berbeda. Daunnya yang membelah cantik menjadikan tanaman ini cukup viral di kalangan pencinta tanaman hias.

Karena banyak dicari, monstera marmorata menjadi semakin sulit didapatkan. Alhasil, jenis tanaman ini dipatok dengan harga yang cukup fantastis. Selain karena kelangkaannya, tanaman ini juga memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Bayangkan saja, untuk munculnya tunas daun baru saja harus menunggu hingga dua-tiga minggu lamanya. Bahkan ada juga yang tumbuh setiap dua-tiga minggu sekali.

Monstera marmorata juga dikenal sebagai jenis tanaman yang mudah dirawat dan tahan banting. Untuk bisa tumbuh dan berkembang, tanaman hias ini hanya membutuhkan suhu udara yang stabil, ruangan yang agak lembab, dan sedikit cahaya matahari.

Ciri-ciri tanaman monstera marmorata yang membedakan dengan sirih gading adalah daunnya yang berbentuk hati yang tidak pernah berubah bentuknya meski tanaman sudah dewasa dengan daun yang pecah-pecah.

Oke, itulah beberapa perbedaan dari tanaman sirih gading dan monstera marmorata.

Semoga bermanfaat

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here