Selain untuk menghiasi ruangan, beberapa tanaman ternyata dapat difungsikan untuk membersihkan udara. Nah, bagi yang penasaran apa saja jenis tanaman apa saja yang memiliki fungsi membersihkan udara, berikut ulasan mengenai 10 jenis tanaman pembersih udara.

1. Lidah Mertua

lidah mertua pembersih udara
lidah mertua pembersih udara

Siapa yang tidak tahu tanaman lidah mertua? Ya, jenis tanaman hias yang satu ini memang cukup populer dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Selain dapat mempercantik ruangan, tanaman lidah mertua atau sansevieria ini ternyata terkenal dengan manfaatnya untuk membersihkan udara.

2. Peace Lily

peace lily pembersih udara
peace lily pembersih udara

Peace lily adalah tanaman hias yang cantik dengan daun berwarna hijau tua mengkilat serta bunga putih berkelopak mirip daun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tempat teduh dengan suhu di bawah 27 derajat celcius. Juga dapat ditanam di dalam maupun di luar ruangan.

Tidak hanya sebagai penghias saja, tanaman peace lily juga bermanfaat sebagai pembersih udara. Tidak hanya itu saja, tanaman ini bisa difungsikan untuk menghilangkan racun berbahaya seperti aseton, ammonia, benzene, etil asetat, formaldehyde, xilena, dan alcohol.

3. Pakis Boston

10 tanaman hias pembersih udara
pakis boston pembersih udara

Pakis terkenal sebagia tanaman liar dan banyak ditemukan di hutan-hutan. Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu terdapat bulu-bulu halus pada bagian daunnya. Yang menarik adalah, tanaman pakis ini ternyata juga bisa memiliki manfaat sebagai pembersih udara loh!
Salah satu jenis tanaman pakis yang memiliki fungsi membersihkan udara adalah pakis boston. Selain membersihkan udara, tanaman ini juga memilki fungsi lain yaitu melembabkan udara.

4. Spider Plant

spider plant pembersih udara
spider plant pembersih udara

Spider plant atau Lily paris memiliki daun-daun yang panjang dan menjuntai ke bawah seperti kaki laba-laba. Warna daunnya bercorak putih atau kuning sehingga membuatnya terlihat cantik.

Kelebihan spider plant jika disimpan di dalam ruangan adalah tanaman ini yang mampu menyerap racun-racun di udara. Bayangkan saja, dalam kurun waktu 2 hari, tanaman spider plant dapat menyerap racun di udara hingga 90%. Dengan begitu, tanaman ini sangat cocok disimpan di teras atau di dalam ruangan.

5. Sirih Gading

10 tanaman hias pembersih udara
siri gading pembersih udar

Sirih gading termasuk jenis tanaman hias yang banyak dimanfaatkan untuk membersihkan udara. Tanaman ini memilik bentuk yang cantik, dengan batang yang merambat dan daun lebar yang bercorak putih.

Tanaman yang dikenal dengan nama Photos ini adalah jenis tanaman yang mampu hidup pada suhu yang dingin dengan sedikit cahaya matahari. Akan lebih cantik lagi jika sirih gading ditanam dalam pot gantung sehingga daunnya yang merambat akan menjuntai ke bawah.

Daun sirih gading ternyata dapat menyerap racun-racun di udara loh. Itu sebabnya, tanaman ini sebaiknya disimpan di dalam ruangan karena dapat memperbaiki kualitas udara di ruangan tersebut.

6. Bunga Krisan

krisan pembersih udar
Bunga krisan pembersih udara

Bunga krisan atau yang dikenal dengan bunga seruni ini memiliki penampilan yang sangat cantik. Bunga ini tentunya memiliki warna yang indah dan aroma yang wangi. Dengan aromanya yang wangi ini, bunga ini cocok sekali untuk diletakkan di kamar atau ruangan kerja anda agar memberikan nuansa rileks untuk anda.

Selain aromanya, ternyata bunga krisan ini juga mampu menyerap zat benzene dari lem, plastic, cat, dan detergen. Sehingga ruangan anda pun akan tampak segar dan sejuk.

7. English Ivy

10 tanaman hias pembersih udara
english ivy pembersih udara

English ivy atau nama lainnya hedera helix merupakan tanaman pembersih udara yang memiliki tampilan unik dan menarik. Tanaman ini merupakan tanaman merambat sehingga sangat cantik apabila ditanam pada pot kecil.

English ivy ini memiliki kemampuan untuk menyerap partikel-partikel debu serta bulu halus. Nah, bagi anda yang memiliki penyakit asma, tanaman ini berguna sekali untuk anda.

8. Lidah Buaya

lidah uaya pembersih udara
Lidah buaya pembersih udara

Sejak dulu lidah buaya dikenal dengan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan seperti penyubur rambut, menyembuhkan luka, dan sebagainya. Selain itu, lidah buaya ternyata memiliki manfaat lainnya loh! Di samping dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, tanaman lidah buaya memiliki kemampuan untuk menetralisir racun di udara seperti benzene, formaldehyde, dan zat-zat beracun lainnya.

9. Heart Leaf Philodendron

Jenis tanaman ini memiliki bentuk daun yang cukup unik. Yup, sesuai namanya daun dari tanaman ini memiliki bentuk yang menyerupai hati. Meski terlihat cantik jika ditanam pada pot gantung, namun daun tanaman ini dikenal beracun karena daunnya memiliki daya serap yang tinggi terhadap polutan di udara.

10. Monstera

monstera pembersih udar
monstera pembersih udar

Bicara tentang tren tanaman hias di sepanjang tahun 2020 ini, maka tidak bisa dilepaskan dari tanaman hias jenis Monstera. Tanaman viral ini sangat disukai karena keunikan daun yang dimilikinya.

Ada beberapa jenis Monstera yang popular di kalangan pencinta tanaman hias seperti Monstera deliciosa, Monstera borsigniana, Monstera acuminata, Monstera adansonii yang terkenal dengan sebutan janda bolong, dan Monstera obliqua yang super langka. Selain unik, tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai pembersih udara jika diletakkan di dalam ruangan.

Nah, sekarang sudah tau kan tanaman apa saja yang bisa membersihkan udara yang bisa ditanam di rumah?

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here