Alocasia menjadi salah satu tanaman favorit yang banyak dicari untuk menghiasi taman dan ruangan. Daunnya yang berkarakter dan eksotis ketika dipajang menjadi satu hal yang mampu menarik perhatian banyak orang untuk memilikinya. Alocasia terdiri dari beberapa jenis yang popular sebagai tanaman hias. Nah, berikut 10 Alocasia populer yang banyak dicari untuk tanaman hias.

Tanaman alocasia sering dianggap sama dengan jenis caladium atau keladi. Meskipun sama-sama berasal dari keluarga Araceae, namun kedua tanaman ini sebenarnya berbeda genus.

Selain itu, daun dan umbinya pun berbeda. Umbi caladium biasanya berbentuk bulat dan tunasnya akan muncul dalam satu umbi dengan induknya. Sedangkan umbi alocasia terpisah dari umbi utama. Begitu juga bentuk daun alocasia lebih tebal dibandingkan daun pada tanaman caladium.

Di kalangan pecinta tanaman hias, ada sepuluh jenis tanaman alocasia yang populer dan banyak dicari karena kecantikannya. Berikut kesepuluh jenis tanaman alocasia tersebut:

1. Alocasia Black Velvet

alocasia black velvet

Alocasia black velvet mempunyai ciri khas yaitu permukaan daun yang memiliki lapisan seperti beludru atau velvet. Tampilannya bertambah cantik dengan garis-garis tulang yang tegas dan berwarna silver. Daunnya pun cenderung keras dengan batang yang pendek.

Harga pasaran Alocasia black velver mulai dari Rp 100.000 s/d Rp 200.000.

2. Alocasia Cuprea

alocasia tengkorak

Alocasia cuprea lebih terkenal dengan sebutan keladi silver atau keladi tengkorak. Ciri khasnya terdapat pada semburan warna silver di permukaan daun yang akan semakin kentara saat terkena sinar matahari.

Harga pasaran Alocasia cuprea mulai dari Rp 200.000 s/d Rp 350.000

3. Alocasia Black Infernalis

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

Alocasia black infernalis memiliki bagian daun bewarna hitam sesuai namanya. Tanaman ini berasal dari Kalimantan dan termasuk jenis yang sulit ditemukan.

Harga pasaran Alocasia black infernalis mulai dari Rp 500.000

4. Alocasia Amazonica

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

 

Termasuk jenis tanaman yang banyak ditemukan. Ciri-cirinya adalah bentuk daun yang datar, dengan tulang daun yang tegas. Pada pinggiran daunnya terlihat lebih bergelombang atau seperti gerigi.

Harga pasaran Alocasia amazonia mulai dari Rp 30.000 s/d Rp 300.000

5. Alocasia Polly

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

Tanaman ini memiliki kemiripan dengan Alocasia amazonica sehingga bisa membingungkan banyak orang, khususnya pemula yang berniat meminangnya untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah.

Namun yang membedakan adalah Alocasia polly memiliki bentuk batang yang sedikit gemuk dan pendek. Permukaan daunnya pun cenderung bergelombang tidak seperti amazonica yang datar. Selain itu, Alocasia polly tidak akan tumbuh besar seperti halnya Alocasia amazonica.

6. Alocasia Reginae

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

Alocasia reginae memiliki tekstur daun tebal dengan pola garis lurus dan melengkung. Tanaman ini memiliki ciri-ciri seperti kuping pada bagian bawah daunnya.

Harga pasaran Alocasia reginae mulai dari Rp 150.000 s/d Rp 400.000

7. Alocasia Green Shield

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

Alocasia green spield disebut juga keladi tengkorak hijau. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis alocasia lainnya. Ukuran daunnya bisa membesar, dan batangnya pun lebih panjang dari Alocasia tengkorak jenis Black Velvet atau Silver Dragon.

Harga pasaran Alocasia green shield mulai dari Rp 100.000

8. Alocasia Watsoniana

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

Tekstur daun yang dimiliki Alocasia watsoniana cenderung tipis, namun tekstur tulangnya seperti Alocasia amazonica yang tegas. Pola pinggiran daunnya pun tidak rapi dan cenderung acak. Alocasia watsoniana banyak ditemukan di Kalimantan.

9. Alocasia Frydek

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

Alocasia frydek atau lebih populer dengan nama keladi neon. Tanaman ini memiliki keunikan yaitu tulang daun yang bisa menyala dalam gelap atau glow in the dark. Daunnya pun bisa tumbuh sangat besar.

10. Alocasia Cucullata

10 Jenis Alocasia Populer yang Banyak Dicari

Alocasia cucullata memiliki bentuk daun yang berbeda dari jenis alocasia lainnya. Daunnya berbentuk hati. Bukan itu saja, tanaman ini juga memiliki batang yang berbeda. Umbinya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tertentu.

Itulah sepuluh Alocasia yang populer dan banyak dicari untuk dijadikan tanaman hias.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here